There was an error in this gadget

Tuesday, July 22, 2008

Tips – Tips Menuju Olimpiade Astronomi

Tips – Tips Menuju Olimpiade Astronomi

Astronomi merupakan cabang ilmu yang dilombakan dalam olimpiade sains nasional yang diadakan Depdiknas tiap tahun. Astronomi termasuk bidang studi yang tidak diajarkan secara khusus di sekolah sehingga perlu kiat-kiat khusus dalam mempersiapkan diri :

Beberapa kiat-kiat yang dapat dijadikan referensi dalam mempersiapkan diri menuju olimpiade Astronomi :
  1. Perbanyak membaca pengetahuan umum tentang astronomi dan lanjutkan dengan membaca modul ini (Modul Persiapan Olimpiade Astronomi yang bisa didownload di blog ini) sebagai tahapan awal membekali diri dengan berbagai materi astronomi.
  2. Perbanyak waktu untuk merenungkan rumus-rumus, fakta-fakta astronomi sehingga kita bisa mendapatkan pengertian dan gambaran yang jelas.
  3. Perbanyak latihan soal-soal yang sudah disediakan dalam blog ini. Tanyakan kepada guru atau senior yang pernah mengikuti olimpiade astronomi.
  4. Kalau memungkinkan, carilah bahan bacaan berupa buku – buku text bagi mahasiswa jurusan Astronomi. Beberapa daftar bacaan sudah disediakan dalam blog ini.
  5. Ikuti perkembangan terbaru tentang astronomi yang dapat diperoleh di internet, koran, dll. Renungkan dan kaitkan fenomena yang terjadi di alam dengan teori-teori yang sudah pernah Anda pelajari atau baca.
  6. Perdalam fisika, matematika karena kedua bidang ilmu tersebut dapat dikatakan sebagai pijakan dalam ilmu astronomi.
  7. Ikuti perkembangan olimpiade astronomi nasional lewat situs internet (http://olimpiade.as.itb.ac.id)
  8. Jika Anda sedang berada di daerah yang langitnya masih bersih dari polusi, cobalah kenalilah beberapa objek langit yang nampak.
  9. Berlatihlah menggunakan instrumen astronomi (seperti teleskop, binocular, dll) untuk membiasakan diri mengamati objek langit dengan alat-alat tersebut.
  10. Berlatihlah juga menggambar grafik, statistika, pengukuran kesalahan dan membaca peta langit serta software astronomi sebagai persiapan jika soal-soal yang diujikan mengharuskan Anda menguasai hal-hal tersebut.
Selamat berprestasi

1 comment:

fisikarudy said...

terima kasih atas trik dan tips yang Hans berikan ...

bermanfaat sekali

keep writing yach !