There was an error in this gadget

Friday, August 15, 2008

Gerhana Bulan 16-17 Agustus 2008

Kembali diingatkan, tanggal 17 Agustus subuh, Anda bisa menikmati peristiwa gerhana Bulan Sebagian. Gerhana ini akan dimulai dengan masuknya Bulan dalam penumbra Bumi pada sekitar jam setengah dua (WIB). Sekitar jam setengah tiga (WIB), Bulan akan mulai masuk ke dalam umbra Bumi.

Sayang sekali, kita tidak bisa mengamati momen saat piringan Bulan keluar dari Umbra Bumi (terjadi sekitar jam setengah lima lewat) karena Bulan sudah dekat horizon dan Matahari sudah mulai terbit (langit sudah terang).

Keterangan detail tentang gerhana tersebut dapat diperoleh di sini.

Simulasi Gerhana Bulan Sebagian (GBS) tersebut dapat Anda lihat dalam clip di bawah ini. Simulasi gerhana ini menggunakan software Starry Night Pro Plus 6. Simulasi ini dimulai jam 1:20 dan diamati dari Lembang,Bandung (Koordinat geografis : 6 derajat 49 menit LS, 107 derajat 36 menit BT). Untuk memperpendek durasi klip, satu detik di klip ini setara dengan 300 detik. (Catatan : Bulan dalam simulasi terlihat lonjong karena perubahan proporsi gambar ketika transformasi format video. Harap maklum.)

Selamat mengamati.

video

4 comments:

Anton William said...

halo... ivan, bukan?
animasinya susah dibuka dari itb :P

destiny_of_aries said...

ivan itu adik saya. salam kenal
animasi gerhananya? mungkin memang besar filenya.

Just For Music said...

mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis www.kumpulblogger.com yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran

destiny_of_aries said...

terima kasih atas sarannya.