There was an error in this gadget

Monday, August 25, 2008

Gosip : Mars akan nampak sebesar Bulan Purnama di Bulan Agustus ini

Konon kabarnya ada e-mail yang beredar di dunia maya, bahwa bulan Agustus ini, planet Mars akan ada pada jarak terdekat dan akan nampak sebesar Bulan purnama. Kita disarankan untuk tidak melewatkan kesempatan sekali seumur hidup ini. Tapi, apakah berita ini benar?

Dapat dengan yakin saya katakan : TIDAK.
Pernyataan ini bukan sembarang opini tetapi lebih didasarkan atas pertimbangan yang logis beralaskan data-data yang valid.

Sebelum kita membahas beberapa alasan yang menguatkan pendapat bahwa berita tersebut tidak benar, saya akan mencoba memberi gambaran latar belakang mengapa berita gosip ini bisa menyebar.

Agustus 2003 silam, Mars memang ada di posisi terdekatnya dari Bumi selama 60.000 tahun terakhir. Tanggal 27 Agustus 2003, Mars berjarak 55,758,006 kilometers (34,646,418 miles) dari Bumi. Meskipun Mars berjarak terdekat dari kita, bukan berarti piringan Mars akan terlihat jauh lebih besar dari biasanya. Mars nampak seperti bintang terang di langit, tidak banyak berbeda dari biasanya. Perubahan ukuran piringan Mars hanya bisa teramati jika diamati dengan teleskop. Teleskop besar mampu melihat tudung es Mars lebih jelas dari biasanya tetapi tidak berarti Mars akan nampak kontras lebih besar dibandingkan biasanya. Sebagai tambahan informasi, Mars akan ada di posisi oposisi terdekat pada tahun 2287.

Harap diingat! Jarak Mars-Bumi akan mencapai minimum pada setiap oposisi Mars, tetapi jarak Bumi-Mars saat oposisi tidak sama dari satu oposisi ke satu oposisi lainnya, ada oposisi tertentu saat jarak Mars-Bumi benar-benar paling dekat. Hal ini disebabkan orbit Bumi dan Mars bukan berupa lingkaran sempurna melainkan elips. Jarak Bumi-Mars akan mencapai minimum saat Bumi sedang ada di aphelion dan Mars sedang ada di perihelion saat Mars sedang ada beroposisi terhadap Bumi.

Untuk bisa teramati seukuran Bulan purnama, mari kita coba lakukan 'perhitungan kasar'. Diameter sudut Mars pada saat oposisi sekitar 16" sedangkan diameter sudut Bulan Purnama sekitar 0,5 derajat atau 1800". Jadi, untuk bisa terlihat sebesar Bulan Purnama, jarak Mars harus menjadi sekitar 0,009 kali jarak Mars - Bumi saat oposisi (jarak terdekat Mars-Bumi).Hal ini jelas-jelas sangatlah tidak mungkin.

Selain itu, tanggal 27 bulan Agustus 2008 ini, Mars sedang tidak ada di posisi oposisi dari Bumi. Jaraknya dari Bumi sekitar 360 juta kilometers (sekitar 215 juta mil). Jadi, Mars sedang tidak ada di jarak terdekatnya sama sekali!

Kesimpulannya: tidak benar berita yang mengatakan kalau di bulan Agustus ini, Mars ada di jarak terdekat dan akan terlihat sebesar Bulan Purnama.

Kiranya penjelasan ini akan menjernihkan kebingungan yang semakin merajalela.

Sumber: universe today, Phil Bait, dll.

Penjelasan lebih mendalam tentang oposisi Mars dapat Anda akses di situs ini. Dengan mengetahui lebih banyak, semoga Anda tidak lagi tertipu dengan berita semacam ini. Selamat belajar.

No comments: