There was an error in this gadget

Monday, August 18, 2008

International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 2


Jika sesuai dengan rencana, besok (Selasa,19 Agustus 2008), peserta IOAA kedua dari berbagai negara akan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Keesokkan harinya, akan ada upacara pembukaan di SABUGA ITB, Bandung. Tes Teori-nya akan diadakan pada tanggal Kamis, 21 Agustus 2008 dan untuk tes observasi ada dua kemungkinan tanggal yaitu Jumat, 22 Agustus 2008 dan Sabtu, 23 Agustus 2008. Panitia IOAA menyiapkan dua tanggal untuk mengantisipasi cuaca yang tidak mendukung tes observasi, yang memerlukan cuaca cerah.

Selain olimpiade, ada juga acara expo yang merupakan acara pendukung dari acara IOAA 2 ini. Di sana akan ada pameran dari berbagai pihak yang berhubungan dengan astronomi.

Indonesia sebagai tim tuan rumah mengirimkan dua tim untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade astronomi dan astrofisika tingkat internasional ini. Masing-masing tim terdiri dari 5 orang siswa yang telah melewati tahap seleksi dan pelatihan selama beberapa bulan terakhir.

Semoga acara yang direncakan akan berlangsung hingga tanggal 27 Agustus 2008 ini akan berlangsung dengan lancar. Hal ini akan memberikan bukti juga kepada tim dari luar bahwa Indonesia juga mampu mengadakan acara berlevel internasional dengan baik. Untuk tim yang akan bertanding nanti, semoga dapat melakukan yang terbaik dan mampu menunjukkan kepada dunia bahwa ada banyak bibit-bibit cemerlang dalam bidang astronomi dan astrofisika.

Poster Publikasi IOAA 2 (klik untuk versi yang lebih besar):


Jika Anda ingin tahu silabus IOAA tahun ini dan soal IOAA 1, Thailand serta solusinya, silakan dowload dari link yang ada di bawah ini :
* Daftar Tim Pembina IOAA, Materi dan Jadwal Pelatihan, 2008
* Practical Round IOAA 2007, Thailand
+ Observation Part : problem; solution
+ Data Analysis Part :problem; solution
* Theoretical Round IOAA 2007, Thailand : problem: solution

Semoga Anda bisa tambah terinspirasi untuk belajar lebih baik lagi. Siapa tahu tahun depan giliran Anda yang menjadi peserta.

Referensi :
1. Informasi tentang IOAA 2 diambil dari situs resmi IOAA 2
2. Semua soal diambil dari situs resmi IOAA 2007 dan situs Dr.Suryadi Siregar

No comments: