There was an error in this gadget

Thursday, September 4, 2008

Trivia Quiz

Di bawah ini ada 2 buah gambar. Kedua gambar tersebut menunjukkan suatu fenomena astronomi tertentu. Coba tebak peristiwa apakah yang dimaksud? Dan kalau bisa, jelaskan juga apa penyebab timbulnya fenomena tersebut.

1.

2.
Jika Anda tahu, silakan isi comment dalam post ini. Jawaban akan di post minggu depan. Selamat mencoba.

4 comments:

destiny_of_aries said...

Clue : peristiwa ini merupakan konsekuensi (dan bukti) dari teori relativitas umum Einstein.

cs1912 said...

hmm...
Gravitational Lensing.

Merupakan suatu pembelokan cahaya akibat adanya gravitasi.

Penyebabnya itu kalau nggak salah karena adanya dark matter. Suatu materi yang eksis hanya tidak terlihat.

bener ga sih? jadi membual deh...

destiny_of_aries said...

Bagus, sudah ada 1 comment. Semoga pembaca lainnya juga semakin tertantang mencoba. Jawaban akan di post minggu depan.

destiny_of_aries said...

Jawaban trivia-nya : GRAVITATIONAL LENSING.
Penyebabnya adalah adanya arah pandang kita ke arah benda (mis : galaksi, gugus galaksi. Kata Einstein, kehadiran massa akan mengakibatkan timbulnya distorsi dalam ruang, berupa lengkungan seperti lembah. Jadi, semua massa (jika cukup besar) akan membuat lengkungan yang cukup berarti besarnya (efeknya noticeable).
Cahaya yang sifat dasarnya bergerak lurus, tetapi ketika melewati 'lengkungan lembah' ruang dan waktu di sekitar massa yang besar tersebut akan 'tanpa sadar' mengikuti kurvatur ruang-waktu tersebut sehingga akan bergerak melengkung. (Analogi yang sering dipakai adalah dua kapal yang bergerak lurus dari ekuator akan bertemu juga di kutub. Hal ini disebabkan permukaan Bumi yang melengkung tetapi kita tidak bisa merasakan kelengkungan Bumi. Oleh sebab itu, tidaklah aneh jika manusia jaman dulu mengira Bumi datar).Peristiwa inilah yang menyebabkan adanya peristiwa lensa gravitasi. Pembelokkan cahaya tersebut itu seolah-olah teramati seperti cahaya melewati sebuah lensa (sehingga ada efek pembiasan). Jadi, peristiwa tersebut dinamakanlah lensa gravitasi. Gravitasi seolah-olah berperan sebagai lensa. Hubungan peristiwa gravitational lensing memang erat dengan dark matter, karena efek lensa gravitasi ini dapat digunakan untuk 'menimbang' massa dan struktur benda yang menyebabkannya. Jadi, dengan menggunakan efek lensa gravitasi, kita akan mengetahui seberapa banyak massa yang 'seharusnya' ada. Lalu, dari hasil pengamatan lainnya, kita bisa memperoleh massa luminous (massa dari benda-benda yang bersinar). Selisihnya pastilah massa yang tidak bersinar (tidak luminous) tetapi memliki massa (terbukti dengan adanya gravitasi), nah massa itulah yang disebut massa kelam (dark matter).

Semoga pengetahuan Anda bertambah dan semoga lebih banyak yang mau berpartisipasi dalam trivia semacam ini.