Saturday, May 30, 2009

Resensi Buku : Menjelajah Tata Surya

Format: Paperback, 302 halaman
Penerbit: Kanisius
Pengarang: A. Gunawan Admiranto
Harga : Rp.60.000,00
isbn: 9789792119
Tanggal Publish: 31 Mar 2009

Alam semesta telah sejak lama memukau manusia dengan keindahannya dan juga misteri di dalamnya. Dan perjalanan sejarah manusia membuktikan kalau keingintahuan untuk menyingkap misteri di alam semesta telah membawa manusia dalam perjalanan panjang penelitian dan penjelajahan untuk mengungkap satu demi satu misteri yang menyelimuti alam maha luas.

Dari penglihatan akan gerak benda langit dari Bumi sampai penjelajahan telah dilakukan oleh manusia demi menyingkap misteri itu. Buku karangan Gunawan Admiranto, :Menjelajah Tata Surya”, mencoba membawa kita mengenal ruang lingkup Tata Surya dimulai dari sejarah perkembangan konsep Tata Surya sampai dengan anggota keluarga yang ada di tepian luar Tata Surya.

Perjalanan di tata Surya diawali dari Matahari kemudian ke setiap planet dan diakhiri dengan keberadaan obyek-obyek di tepi luar Tata Surya yang dikenal sebagai obyek Kuiper. Keindahan Tata Surya dipaparkan dengan bahasa yang sederhana untuk dipahami. Satu per satu planet dikupas sampai ke proses yang terjadi di dalamnya. Dan tak lupa definisi planet yang terbaru pun disertakan dengan mengacu pada peristiwa mengapa Pluto bukan planet lagi. Kehadiran klasifikasi baru planet katai juga dijelaskan dengan baik.Buku ini sangat baik untuk para pelajar yang ingin mengenal lebih dekat Tata Surya dan semua yang ada di dalamnya.

Namun bagaimanapun gamblangnya Tata Surya dijelaskan lewat penjelajahan ini, penjelajahan sesungguhnya dari para ilmuwa belumlah berakhir. Masih ada segudang misteri yang masih menanti untuk disingkapkan.

Sumber : langitselatan.com

Buku ini sangat disarankan bagi pecinta astronomi, khususnya para pemula. Saya pernah menggunakan buku ini (edisi lama) dan banyak sekali hal yang dapat dipelajari. Selamat belajar.

2 comments:

Atom said...

hi Hans,
I like this blog
all the information is almost relate the subject of "falak syari'e" that I learn in Islamic Science University of Malaysia..
I have 4 books so far on astronomy which I have downloaded..
do you have any suggestions of book on astronomy which I can download?

well...keep up the good work Hans..
do the best...

destiny_of_aries said...

@atom
You can find some of books in astronomy that I suggest for the reader in the side bar's menu called Labels. You can click the label textbook and it will bring you to my postings about textbook. Some of thems contains links you can click to download the book.