There was an error in this gadget

Tuesday, August 19, 2008

Gerhana Bulan 17 Agustus 2008

Di bawah ini ada video tentang penjelasan fenomena gerhana Bulan kemarin. Semoga Anda bisa semakin mengerti tentang gerhana Bulan sehingga bukan saja pernah mengamati (kalau sempat mengamati kemarin) tetapi kita juga jadikan bahan belajar kita. Bagi yang tidak sempat menyaksikan gerhana Bulan tersebut, Anda dapat menunggu gerhana Matahari Cincin tanggal 26 Januari 2009.



(a) Video tentang gerhana Bulan dari suatu lokasi (lokasinya bukan di Indonesia).
Ingat! video ini sudah diedit sehingga durasinya tidak terlalu panjang. Jadi, durasinya tidak mencerminkan durasi gerhana sebenanarya.

video


(b)

Dapatkah Anda menebak : di belahan bumi manakah, utara atau selatan, masing-masing pengamat yang mengambil (a)video dan (b)gambar di atas? Silakan sampaikan jawaban Anda lewat komentar di post ini. Jangan lupa sebutkan alasan Anda. Jawabannya akan di sampaikan minggu depan. Selamat berpikir.

Selain itu, Anda bisa berbagi cerita lewat kolom komentar dengan pengunjung blog yang lain tentang pengamatan gerhana Bulan yang Anda alami jika Anda sempat mengamatinya kemarin.

Sumber keterangan lainnya tentang GBS 17 Agustus dapat dilihat di sini

1 comment:

destiny_of_aries said...

Dari kedua gambar/video tersebut, kita melihat bagian Bulan yang tertutup umbra Bumi berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa kedua pengamat berada di belahan bumi yang berlainan. Perbedaan belahan Bumi mengakibatkan bagian Bulan yang gelap 'terbalik' jika dibandingkan.

Video (a) diambil oleh pengamat di Rusia (belahan bumi utara), sedangkan gambar (b) difoto oleh seorang pengamat di daerah Australia (belahan bumi selatan).

Ada yang berhasil menebak?